erty

Tanah memiliki manfaat lain selain untuk pertanian, salah satu contohnya yaitu liat bentonit atau bentonite clay yang bermanfaat untuk bidang kecantikan atau kosmetik. Bentonit merupakan istilah lempung mon-morillonit dalam dunia perdagangan dan termasuk kelompok dioktohedral. Liat bentonit berasal dari abu vulkan sisa letusan gunung berapi.

Dalam keadaan awal, Na-bentonit berkemampuan tinggi untuk menyerap warna dan dapat ditingkatkan lagi dengan melalui proses pengolahan dan pemanasan.

Bentonit dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu Sodium Bentonite Clay yang sesuai digunakan secara luaran, iaitu untuk sapuan pada kulit sebagai masker, air mandi berendam atau buat produk kulit. Serta, Calcium Bentonite Clay yang sesuai untuk kegunaan luaran dan dalaman. Ianya boleh dimakan. Beza antara kedua-dua Tanah liat ini adalah bentuk molekulnya dan harganya. Calcium Bentonite Clay lebih mahal, dibandingkan Sodium Bentonite Clay.

Bentonit memiliki berbagai sifat obat dan terapi dan dapat digunakan dalam proses homeopati dan campuran kosmetik. Sebagai masker wajah liat bentonit dapat dicampurkan dengan the hijau, madu ataupun lidah buaya. Soo, bagi kamu yang ingin mencoba masker alami bisa dicoba dengan meraciknya sendiri di rumah dengan cukup membeli bahan bakunya saja.

 

Sumber: http://lavender.azhira.com

Share/Bookmark