Poster Soil FestivalSoil Festival merupakan acara tahunan yang digelar Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (DITSL), Fakultas Pertanian IPB. Acara ini terdiri atas beberapa rangkaian, meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional, expo, Seminar Nasional, dan Soilidarity yang merupakan malam penghargaan sekaligus acara puncak dari kegiatan ini. Acara ini diselenggarakan sebagai output dari studi yang telah dipelajari oleh mahasiswa DITSL baik teori maupun aplikatif dalam bidang pertanian terkait pengelolaan lahan gambut di Indonesia. Lahan gambut merupakan salah satu lahan yang tergolong kurang subur disebabkan kondisi tanahnya masam dan tergenang, mudah terbakar saat musim kemarau, miskin hara mineral, dll. Semakin sempitnya lahan-lahan pertanian dewasa ini menyebabkan lahan-lahan gambut dibuka untuk lahan pertanian. Oleh sebab itu, diperlukan suatu teknologi khusus untuk mengelola lahan gambut agar diperoleh produksi yang maksimal dan berkelanjutan. Harapan dengan diselenggarakannya acara ini, yaitu mampu melahirkan mahasiswa yang aktif, kreatif, dan inovatif sehingga mampu memberi kontribusi lebih baik dalam bidang pertanian, khususnya terkait pengelolaan lahan gambut di Indonesia.

Acara ini bertujuan

  1. Memberikan wawasan keilmuan kepada peserta seminar mengenai perkembangan teknologi dan inovasi terbaru terkait pengelolaan lahan gambut di Indonesia.
  2. Memberi gambaran mengenai kegiatan/tindakan pengelolaan lahan gambut yang dapat dilakukan oleh mahasiswa maupun masyarakat untuk turut mengembangkan pertanian lahan gambut di Indonesia.

Dalam rangka menunjang tujuan kegiatan ini, maka tema Soil Festival tahun ini adalah:

“Inovasi Pengelolaan Lahan Gambut di Indonesia”.

RANGKAIAN KEGIATAN

  1. Expo (Kamis-Sabtu 06-08 Oktober 2016, 08.00-16.30 WIB) klik disini
  2. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) (Jumat, 07 Oktober 2016, 08.00-16.00 WIB) klik disini
  3. Seminar Nasional Ilmu Tanah (Sabtu, 08 Oktober 2016, 07.00-15.00 WIB) klik disini
  4. Soilidarity (Sabtu, 08 Oktober 2016, 19.00-23.00 WIB) klik disini

 

Kontak:
085715107227 (Tito)

Share/Bookmark