OPPERATIONAL OFFICE

  1. Upgrading

Kegiatan yang berisi kegiatan pemberian materi tentang keorganisasian dan outbond yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keorganisasian dan loyalitas anggota, selain itu mampu meningkatkan kemampuan manajemen pengurus, mempererat kerjasama dan mempersatukan visi antar pengurus.

 

DEPARTMENT OF PUBLIC RELATION

  1. Soil Rebranding

 Kegiatan gotong-royong yang bertujuan untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan DITSL. Dalam hal ini, renovasi mahatan menjadi obyek utama kegiatan ini.

  1. Soil Media

Soil Media dibentuk sebagai wadah untuk mahasiswa menyalurkan minat dan bakat dalam bentuk tulisan, karya seni, dan sastra lainnya. Luaran yang dihasilkan dapat berupa majalah humus, majalah dinding, dan media sosial untuk menyebarkan dan mencari informasi yang terbaru.

  1. OH (Open House)

Sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengenalkan departemen Ilmu Tanah dengan mempromosikan suatu hasil karya ilmiah, kegiatan departemen dan divisi-divisi yang terdapat di departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan.

  1. Wisuda

 Acara perayaan kelulusan dan pemberian ucapan selamat kepada mahasiswa DITSL yang telah berhasil menyelesaikan program studi di DITSL IPB.

  1. Cross Country

Kegiatan gathering alam bagi angkatan aktif MSL IPB yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan kekeluargaan.

  1. PILMITANAS ( Pekan Ilmiah Ilmu Tanah Nasional)

Kegiatan ilmiah yang diikuti oleh Ilmu Tanah Nasional yang tergabung dalam Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHMITI) merupakan salah satu wadah untuk meyalurkan kreativitas serta inovasi ilmiah mahasiswa Ilmu Tanah. PILMITANAS diharapkan mampu membangkitkan kembali pertanian Indonesia, khususnya ilmu tanah melalui kalangan mahasiswa.

  1. Loka Karya Ilmu Tanah

Loka Karya Ilmu Tanah merupakan suatu wadah untuk menampung aspirasi seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah IPB mengenai program kerja, kinerja dan harapan untuk HMIT.

  1. Telusur Jejak HMIT 

Program kerja yang dimaksudkan untuk mengetahui sejarah HMIT dari mula berdirinya HMIT dan mengetahui sosok-sosok yang berjasa atas terbentuknya HMIT.

 

DEPARTMENT OF STUDENT RESOURCES DEVELOPMENT

  1. Persiapan Kontingen Pilmitanas

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan untuk menyiapkan para kontingen Pilmitanas yang akan diadakan di UNAND. Cabang lomba yang akan diikuti adalah LKTI, debat, soil judging contest, cerdas cermat, poster, dan fotografi. Target dari kontingen yang dipersiapkan adalah juara umum Pilmitanas.

  1. PKM dan LKTI

Kegiatan ini adalah serangkaian kegiatan yang bertemakan penulisan ilmiah. Kegiatan PKM dimulai dari persiapan diskusi ide, penulisan, dan pengawasan team yang lolos didanai. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menginfokan jika ada LKTI kepada mahasiswa DITSL.

  1. MPB

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan DITSL kepada mahasiswa angkatan 51 dan 52, agar para mahasiswa lebih mengenal DITSL.

  1. Tutor

Kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kepada mahasiswa untuk dapat memfasilitasi mahasiswa dalam belajar.

  1. Soil Foundation

Kegiatan ini merupakan pelayanan kepada mahasiswa DITSL yaitu berupa pengumpulan dana dari alumni sebagai dana untuk mahasiswa DITSL yang sedang membutuhkan. Selain itu, kegiatan ini juga akan menginfokan mengenai beasiswa dan memantau kesejahteraan mahasiswa.

  1. Magang dan Keprofesian

Kegiatan ini merupakan pelayanan kepada mahasiswa yang ingin mengajukan permohonan magang maka akan dibantu dalam proses perizinan dari departemen. Selain itu, kegiatan ini juga akan menginfokan kepada mahasiswa terkait dengan kuliah umum yang akan diadakan di DITSL.

 

DEPARTEMENT OF SOIL DEVELOPMENT

  1. Pembuatan Peta Tanah IPB

Pembuatan peta tanah IPB adalah salah satu kegiatan untuk mewadahi seluruh anggota HMIT dalam mengaplikasikan, mendalami, dan mendapatkan ilmu yang terkait dengan pemetaan tanah. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peta tanah IPB. Sebelum pembuatan peta tanah IPB akan dilakukan pelatihan GPS, pelatihan survey, dan pelatihan pemetaan. Setelah dilakukan pelatihan, team pembuat peta tanah IPB akan mulai melakukan pengambilan sampel. Sampel ini kemudian akan dianalisis di laboratorium sehingga dapat mendapatkan data yang menunjang pemetaan tanah.

  1. Mitra Desa

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama berupa mitra desa. Kerjasama ini akan delakukan dengan Desa Cidokom. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain sehari menjadi petani, pemilihan sampah, pelatihan pegomposan. Mitra desa ini diharapka dapat memberi manfaat yang positif bagi HMIT dan warga desa Cidokom.

  1. Pelatihan Pembuatan Pupuk

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill anggota HMIT dalam pengaplikasian pembuatan pupuk organik. Kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk kompetisi. Sebelum kompetisi dimulai akan diadakan pemberian materi oleh dosen dan pembentukan team. Kompetisi akan diikuti oleh beberapa team. Hasil kompos akan diuji di laboratorium dan rumah kaca untuk menentukan team dengan pupuk organik terbaik.

  1. Seminar Nasional Ilmu Tanah

Kegiatan SEMNAS 2015 ditujukan kepada seluruh mahasiswa Ilmu Tanah se-Indonesia, civitas akademika IPB, dan masyarakat umum. Panitia kegiatan ini adalah mahasiswa aktif Ilmu tanah Fakultas Pertanian IPB.  Rencana tema yang akan diangkat “Peran Ilmu Tanah dalam Menghadapi Swasembada Pangan yang Berkelanjutan”.

  1. Soil Club

Soil Club merupakan wadah bagi mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan untuk sarana diskusi. Keluaran dari soil club ini adalah pencerdasan mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan dibidang keprofesian dan akademik. Soil club akan dibagi menjadi 6 club yang mengacu pada 6 bagian yang ada di DITSL. Agenda yang akan dilaksanakan ialah diskusi rutin tiap club dan diskusi besar antar club.

 

DEPARTEMENT OF SPORT AND ART

  1. Soil Sport Training

Persiapan, pembentukan tim dan kontingen yang akan bertanding pada kegiatan Seri-A dan Actionyang diselenggarakan oleh BEM FAPERTA 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga eksistensi DITSL di lingkungan Fakultas Pertanian serta menjadi pemenang dalam bidang Seri-A dan Action.

  1. Pekan Olahraga Tanah (PORTAN)

Kegiatan perlombaan olahraga dan seni yang diadakan secara rutin setiap tahun yang diikuti mahasiswa aktif Ilmu Tanah, Alumni 3-5 Tahun terakhir, Pasca Sarjana, serta Dosen beserta Pegawai Tata Usaha dan Laboran. Kegiatan ini bertujuan untuk  seluruh civitas akademika DITSL yang memiliki kesegaran jasmani serta kreativitas dibidang seni.

  1. Revitalisasi Peralatan Olahraga dan Musik

Kegiatan ini bertujuan untuk merevitalisasikan peralatan olahraga dan musik sehingga layak digunakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan serta meningkatkan semangat mahasiswa untuk mengembangkan atau menyalurkan bakatnya baik dibidang olahraga ataupun Seni.

Share/Bookmark