Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementrian Pendidikan Nasional. Kegiatan ini merupakan ajang adu kreatifitas antara mahasiswa seluruh nusantara. Kompetisi pembuatan proposal dan pelaksanaan program tersebut pada akhirnya bermuara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PIMNAS diselenggarakan di perguruan tinggi seluruh Indonesia secara bergantian. Perguruan tinggi yang memenangkan emas terbanyak dalam kompetisi ini akan memperoleh piala Adikarta. Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi yang sering diunggulkan dalam memenangkan piala Adikarta. Namun sayangnya dalam beberapa tahun terakhir ini IPB belum dapat memenangkan piala Adikarta tersebut.

Salah satu upaya untuk memenangkan piala Adikarta adalah dengan memaksimalkan potensi mahasiswa untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (DITSL) dalam hal ini juga berusaha untuk meningkatkan potensi mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan PKM. Melalui Divisi Akademik dan Profesi (AKPRO) HMIT membantu memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan PKM. Divisi AKPRO membuat sekretariat PKM tingkat departemen. Tugas dari sekretariat ini adalah membantu mahasiswa pengusul proposal PKM untuk menyelesaikan pembuatan proposal PKM. Selain itu sekretariat ini juga mengadakan beberapa kegiatan terkait dengan PKM.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah sosialisasi PKM tahun usulan 2014-2015 pada hari sabtu tanggal 6 September 2014 bertempat di ruang sidang A DITSL. Pada kegiatan ini hadr mahasiswa DITSL S1 dari angakatan 48, 49, dan 50. Output dari kegiatan ini adalah terbentuknya team pengusul PKM. Team ini kemudian secara intensif mengadakan diskusi untuk menentukan dosen pembimbing dan pemantapan ide. Kegiatan kedua yang diselenggarakan oleh sekretariat PKM adalah pemantapan pengusulan PKM. Pada kegiatan ini hadir bapak Dr. Sugeng selaku Kasubdit Minat dan Bakat dari Direktorat Kemahasiswaan IPB. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 13 September 2014 bertempat di ruang seminar DITSL. Bapak Ir. Hermanu Widjaya, M.Sc selaku komisi kemahasiswaan DITSL berkesempatan hadir untuk memotivasi para mahasiswa pengusul proposal PKM.

Kegiatan ketiga yang diadakan oleh sekretariat PKM adalah review dan presentasi di tingkat departemen. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 20 September 2014 betempat di ruang sidang A DITSL. Seluruh team pengusul proposal PKM hadir pada kesempatan ini. Mereka mempresentasikan ide yang diusulkannya. Pada kesempatan ini hadir bapak Dr. Yayat Hidayat selaku komisi kemahasiswaan dan salah satu dosen pembimbing team pengusul PKM. Output dari kegiatan ini adalah pemantapan ide dan melengkapi persyaratan pengusulan PKM bagi masing-masing team yang masih belum lengkap.

Setelah melewati masa tenggang penguploadan proposal PKM didapat sejumlah 24 team pengusul proposal PKM dari DITSL. Dari segi kuantitas jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya. Diharapkan pula dari segi kualitas proposal yang diusulkan dapat memenuhi kriteria untuk mendapatkan pendanaan. Sehinggga dapat sampai pada goal akhir kegiatan PKM, yaitu meraih juara pada ajang PIMNAS. (TDP)

Share/Bookmark