Penggenangan pada sistem usaha tani tanah sawah secara nyata akan mempengaruhi perilaku unsur hara essensial dan pertumbuhan serta hasil padi. Perubahan kimia yang disebabkan oleh penggenangan tersebut sangat mempengaruhi dinamika dan ketersediaan hara padi. Transformasi kimia yang terjadi berkaitan erat dengan kegiatan mikroba tanah yang menggunakan oksigen sebagia sumber energinya dalam proses respirasi.

Keadaan reduksi akibat penggenangan akan merubah aktivitas mikroba tanah dimana mikroba aerob akan digantikan oleh mikroba anaerob yang menggunakan sumber energi dari senyawa teroksidasi yang mudah direduksi yang berperan sebagai penerima elektron seperti ion NO3, SO4-3, Fe3+, dan Mn4+.

Terdapat tiga kelompok mikroba tanah yang sangat berperan dalam proses perubahan kimia tanah sawah yaitu mikroba aerob yang terdapat dalam lapisan atas tanah yang tipis disebut lapisan oksidasi, dan dalam air genangan yang memanfaatkan oksigen yang terdapat dalam air genangan. Pada lapisan tipis  ini proses oksidasi secara biologis terjadi seperti misalnya oksidasi NH4+ menjadi NO3 atau S2- menjadi SO42-. Sedangkan lapisan dibawahnya disebut lapisan reduksi dimana hidup mikroba – mikroba fakultatif dan obligat anaerob yang mendapatkan sumber energinya melalui reduksi biologis dari senyawa – senyawa NO3, SO42-, Fe3+, dan Mn4+ menjadi NO2, SO22-, S2-, Fe2+ dan Mn2+.

Perubahan – perubahan kimia tanah sawah ini yang berkaitan erat dengan oksidasi – reduksi ( redoks) dan aktivitas mikroba tanah sangat menentukan tingkat ketersediaan hara dan produktifitas tanah sawah.

Kimia tanah sawah merupakan sifat tanah sawah yang sangat penting dalam hubungannya denga teknologi pemupukan yang efisien. Aplikasi pupuk baik jenis, takaran, waktu, maupun cara pemupukan harus mempertimbangkan sifat kimia tersebut. Sebagai contoh adalah teknologi nitrogen dimana jenis, waktu dan cara pemupukan harus memperhatikan perubahan perilaku hara N dalam tanah sawah agar pemupukan lebih efisien. Sumber pupuk N disarankan dalam bentuk amonium (NH4+), dimasukkan ke dalam lapisan reduksi dan diberikan 2-3kali.

Share/Bookmark